08 Februari 2009

Ziarah Ke Makam Keluarga










Bulan September saat peralihan dari musim panas (natsu) ke gugur (aki), keluarga2 di Jepang biasanya ziarah ke makam keluarga. Di awal minggu ke-3 aku, Okaasan & tantenya Okaasan pergi ke makam kakek, ayahnya Okaasan & di pertengahan minggu ke-3 aku, Okaasan, Otoosan & adiknya Otoosan pergi ke makam orangtuanya Otoosan. Dalam satu makam biasanya terdiri dari abu serta tulang dari beberapa anggota keluarga. Dan nama2nya tercatat di batu besar yang ada di dekat nisan.

Sebelumnya kita mampir beli bunga. Oya, dari rumah kita da bawa perlengkapan kebun: sarung tangan & gunting, juga bawa kue2, buah2an, ocha (teh hijau jepang) juga dupa.
Di dekat pintu masuk, kita bisa minjem ember & gayung kecil yang terbuat dari kayu serta sapu ijuk.
Waktu sampai, kita langsung bersih2, ngebentuk bonsai & nyabutin tumbuhan liar di sekitaran makam. Seperti di tempat lain di seantero Jepang, tempat sampah yang tersedia di kompleks ini juga da dibagi menurut jenisnya, sampah kaleng, plastik & tumbuhan.


Tempat sampah


Setelah bersih, batu nisan juga disiram dengan air kemudian dipasangin dupa, bunga & letakin kue2, buah juga Ocha (teh hijau Jepang). Lalu satu persatu anggota keluarga mulai dari yang tertua maju dan berjongkok di depan nisan sambil memanjatkan doa2, aku dapat giliran paling akhir. Setelah itu, kue, buah & Ocha tadi kita makan & minum bersama-sama.


Public toiletnya tetep canggih punya

Tidak ada komentar: