26 Mei 2008

Yokoso Japan!

11 Februari 2008

Penerbangan dari Soekarno Airport Jakarta jam 00:00 am with Garuda Indonesia (GA 770) dengan destinasi Narita Tokyo ditempuh ± 7 jam nonstop. Deg-degan juga cos this is the first time ke motherlandnya loveku..
Sekitar jam 06:00 pramugari2 da jalan tuk ngebagiin anduk anget buat ngelap muka. Sesuatu yang baru untukku, cos biasaya bangun tidur kuterus mandi minimal cuci muka pake air dingin. Sekitar jam 07:00 waktu Tokyo yang lebih cepat 2 jam dari Jakarta.kita nikmatin sarapan pagi dengan pilihan Indonesian or Western breakfast & aku minta nasi kuning with orange juicenya.
Waktu pesawatnya da landing jam 08:30am, kita dapet informasi kalo penumpang belum bole turun cos ada informasi kalo salah satu penumpang kena flu burung, duh bikin aku tambah deg-degan aja.
Tapi syukurlah setelah selesai pemeriksaan akhirnya kita boleh turun. Dan syukur kepada Allah, akhirnya aku bisa menginjakkan kakiku di Jepang & Yokoso Japan (welcome to Japan) are everywhere! Suhu 4° C menyambut aku, seneeeng banget akhirnya bisa ngerasain yang namanya musim dingin!
Pemeriksaan di Imigrasi aku harus nunjukin passport+visa & arrival cardku juga ngijinin petugas tuk ngambil foto wajah & finger print kedua telunjuk sekali aja. Dan juga menjawab pertanyaan tentang tujuan & akan stay di mana. Setelah itu passportlu dicap dengan batas stay 15 hari untuk tourism.

Setelah ngambil bagasi, kita nyari courier service tuk anterin bagasi ke rumah cos kita pengen langsung jalan2. Dan informasinya sekitar sore bakalan nyampe, hebat ya, ada service kaya gini..he, maklum orang katro.



And berhubung sim cardku belum kusetting international roamingnya, so aku kudu nyewa sim cardnya Jepang = Telecom Square, yang nantinya sebelum balik ke Indonesia, harus balikin & tagihannya bakalan menyusul & bisa dibayar lewat credit card.

After that, aku harus teruskan niatku sedari masih di aircraft tadi yaitu mandi pagi, walopun dingin. And ternyata di Narita airport ada bathroom yang disewain lho, Bersih banget & shower kitnya lengkap berasa di hotel’s bathroom! Ada pilihan waktunya, 1 jam ato lebih.

Kita beli tiket kereta ke Shinjuku, sebelumnya we had lunch with Ramen dulu di bandara nungguin next schedulenya.
Waktu lewatin ticket gate kita kudu masukin ticketnya ke situ & jangan lupa ambil lagi kalo belum nyampe di last destinationnya.
Sekitar 2 jaman untuk sampai di Shinjuku, tapi waktu yang lama itu gak berasa karena view yang ada di sisi jalur kereta keren banget. Ngeliatin rumah2 penduduk yang designnya modern & minimalis dan beberapa dengan arsitektur yang Jepang banget. Yang menarik perhatianku tempat parkirnya betingkat ampe 2-4 tingkat lho, katanya tuk menghemat area & di dekat stasiun pasti banyak banget sepeda cos orang Jepang ato Nihon jin milih Rapid Train tuk transportasi utama mereka, jadi dari & pulang ke rumahnya make sepeda.

Nyampe di stasion Shinjuku (Shinjuku eki) kita mampir di deretan locker2 yang direntalin cukup masukin beberapa koin kita bisa buka/ngunci. Enak banget deh jalannyakan bisa lenggang kankungggg,,he di mana2 tetep inget ma kangkung!

Kalo di Indonesia, waktu kita mo nyeberang jalan, pasti nengok kanan kiri dulukan? Kalo di Jepang kagak perlu, cukup perhatiin traffic lightnya aja, jadi waktu walker signnya turn on green, orang2 otomatis jalan/ nyebrang ke segala arah dalam waktu yang bersamaan & cepat. Dan aku gak nemuin yang namanya sampah di pinggir jalan, bersih banget! Bukan cuman di luaran aja yang bersih, ampe public toiletnya juga amat sangat bersih, tapi bagi kita2 yang gak terbiasa ama tissue sebagai pengganti air tuk bersih2, rada risih juga sih..dan atu lagi, di samping klosetnya ada tombol2 yang fungsinya tuk ngatur flushnya & tempertatur dudukannya (so bisa anget walopun musim dingin).

Shinjuku itu pusat pemerintahan di Tokyo & juga complex perbelanjaan, so rame banget. Untungnya aku pake sneaker jadi bisa ingukitin cara jalan mereka yang super cepat itu, cewek2nya walopun make boot with high heels kok bisa tetep asik & cepet ya jalannya??
Di sekitar Shinjuku gak ada tempat parkir jadi orang2 enjoy banget ma yg namanya jalan kaki. Oya cewek2 di sini pada modis2 & cantik2 dengan kulit muka yang berkilau kaya habis dibotox gitu d..anehnya walopun musim dingin ternyata banyak cewek yang make short ato rok mini lho, apa gak masuk angin tuh??
Agak sorean kita mampir di Gloriet Tea Salon & aku milih Cheese Cake & Green Tea Ice.. koq dingin2 minumnya es, tapi yummy banget & di Jepang yang namanya Ice asik2 aja tuh disantap di musim dingin!
Karena dari rumah nelpon & bilang kalo keluarga da pada ngumpul nungguin kita, so dari stasion kita naik taxi ke rumah. Pintunya ternyata dikontrol ma driver tapi aku gak ngeh, jadi waktu uda duduk manis, dengan sigap aku tarik pintu kiri belakangnya secepatnya & alhasil aku dapat tatapan penuh arti dari sang driver & senyuman dari loveku.,pffh! Atashi wa gaijin desyo!! Akukan orang asing di tanah ini!

Nyampe di rumah, wow da rame ibu, bapak, adik, ipar, tante, sepupu & ponaan yang super imut da ngumpul, jadi malu…
Karena Nihonggo ku alias bahasa Jepangku masih amburadul punya jadilah aku komunikasinya harus ditranslete ma guide tersayang & sometimes pake English juga, tapi Nihon jin gak friendly with English.
Jam 00:00 am aku masuk ke kamar & pertama kalinya tidur pake pemanas bukan pendingin ruangan plus selimut super tebal & berat. Oyasuminasai..met bobo…

Tidak ada komentar: